Tuesday 18 September 2012

Misi Planet Mars Temukan Material Misterius


Material terbaru yang ditemukan oleh misi penjelajahan Mars, Opportunity,
Material terbaru yang ditemukan oleh misi penjelajahan Mars, Opportunity, (sumber: news)
Material yang berhasil ditemukan itu kaya akan partikel besi dan diberi nama 'blueberries' berhasil ditemukan tidak jauh dari posisi pendaratan Opportunity

Menurut pihak NASA, kendaraan riset milik mereka, Opportunity, yang merupakan bagian dari misi terdahulu sebelum mendaratnya kendaraan Curiositydi planet Mars pada bulan lalu, berhasil membuat penemuan geologis yang menarik. 

Kendaraan riset Opportunity yang telah berada di planet Mars sejak tahun 2004, berhasil menemukan sebuah  partikel misterius dengan diamater skitar 3 mm yang belum pernah dilihat sebelumnya.   

"Hal ini merupakan sebuah gambar yang luar biasa dari keseluruhan misi ke planet merah," papar Steve Squyres, Kepala Peneliti Misi Opportunity, dari Cornell University, New York. 

"Kami belum pernah melihat material yang sedemikian menariknya yang berhasil dibawa dari Mars," katanya menambahkan.  

Kalangan peneliti menyatakan, partikel yang berhasil ditemukan itu kaya akan partikel besi dan diberi nama 'blueberries' ditemukan tidak jauh dari posisi pendaratan Opportunity. 

Pada awal penemuan batu sedimen tersebut, kalangan peneliti menyatakan material tersebut menjadi bukti lanjutan bahwa planet merah itu dulunya merupakan sebuah daerah yang basah dan mengandung air. 

Namun belakangan mereka menyatakan bahwa konsentrasi yang terkandung material itu sangat berbeda dari yang pernah ditemukan sebelumnya. 

"Mereka ternyata berbeda dalam struktur pembentuknya. Komposisinya juga berbeda dan distribusi partikelnya juga berbeda," kata Squyres. 

"Hal ini membuat kami harus menguji kembali material tersebut dan berusaha untuk membuka pikiran dan biarkan batu tersebut yang berbicara," tambahnya. Penulis: News/Feriawan Hidayat

Baca Juga Yang Ini Sob:

Artikel Terkait

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments: