Monday, 7 May 2012

Masihkah Kau Ingat Warna Bendera Negerimu?


Orang berkata Nasionalisme, Orang berkata Patriotisme, orang mengucap bangga dengan negerinya. Tetapi kebanggaan itu seakan perlahan hilang. Semua mulai beralih tanpa disadari, para intelektual Indonesia seakan lupa akan janji untuk membangun Negeri ini menuju ke depan yang lebih baik. Memang Indonesia kurang menjanjikan dengan gaji dan penghidupan, tetapi ini tanah air kita sobat! Dari sini kita harus mulai merenungkan, pantaskah kita berbicara Nasionalisme? Pantaskah kita berkata Patriotisme? dan tuluskah kita mengucap “Aku bangga menjadi bangsa Indonesia!”.
Marilah kita tengok kebelakang dari mantan presiden kita Bp. B.J. Habibie yang merupakan Intelektual hebat yang dimiliki Indonesia. Beliau memilih tetap menjadi warga Negara Indonesia saat mendapat tawaran menjadi warga Negara Jerman, beliau sungguh contoh seseorang yang patut kita apresiasi jasanya demi membangun nama Indonesia di dunia. Tetapi semua itu seakan tak dilihat oleh sebagian intelektual Indonesia yang merelakan berpindah kewarganegaraan demi kemudahan ijin tinggal, jabatan dan penghidupan di luar negeri.
Kita sebagai penerus bangsa harus mencoba untuk mampu menanamkan janji di dalam darah kita, janji sumpah pemuda yang akan terus mengalir di darah merah putih kita, dan di jantung garuda kita. Ingatlah kalian kata presiden Republik Indonesia yang pertama Ir. Soekarno :
Berikan aku 1000 orang tua
Niscahya akan kucabut semeru dari akarnya
Berikan aku 1 pemuda
Niscahya akan kugoncangkan dunia!
Bila dengan satu orang pemuda kita mempu menggoncangkan dunia, apabila seluruh pemuda Indonesia bersatu untuk menyatukan tekat membangun negeri ini bukan hanya itu yang dapat kita perbuat, kita akan menjunjung Merah Putih di puncak tertinggi dunia. Dan yang terpenting tanamkanlah rasa malu dalam dirimu untuk mengkhianati tanah airmu, dan tanamkanlah rasa bangga dalam dirimu untuk mengibarkan bendera tanah airmu Indonesia!
Untuk semua orang, kawan sebangsa dan setanah air, inilah suara pemuda yang inginkan kesatuan dan persatuan. Biarkanlah sekali lagi saya katakan:
Biarkan sumpah pemuda mengalir di darah merah putihku
Dan dijantung garudaku!
Bersatulah kawan, bersatulah Pemuda Indonesia!

Baca Juga Yang Ini Sob:

Artikel Terkait

Komentar Facebook
2 Komentar Blogger

2 comments:

Aditiana said...

I Love Indonesian and your blog ...
mmmmmmmmmmmmmmmmm
by :
technologynews01.blogspot.com
businessnews01.blogspot.com

Jaka Bohemian said...

thanks sobat :)