Wednesday, 2 May 2012

Arus listrik dan arus elektron


Sebuah sumber listrik memiliki kutub positif dan kutub negatif, apabila pada kutub positif dan kutub negatif tersebut dipasang saluran penghubung maka akan terjadi perpindahan elektron dari kutub negatif ke kutub positif. Perpindahan ini dalam upaya mencari keseimbangan jumlah proton dan elektron dalam setiap atomnya.
Sebuah penghantar listrik dalam kondisi normal, jumlah elektron dan proton pada setiap atomnya dikatakan setimbang. Tetapi setelah penghantar tersebut disambung dengan kutub positif dan kutub negatif dari sumber listrik, maka elektron akan mendesak elektron-elektron pada penghantar dan terjadilah perpindahan elektron pada penghantar. Perpindahan elektron pada penghantar ini disebut arus elektron. Pada pembahasan teori listrik tidak mempermasalahkan lebih jauh tentang arus elektron, yang lebih penting adalah memahami arus listrik.
Arus listrik berlawanan dengan arah arus elektron. Jika arus elekton dari kutup negatif ke kutub positif maka arus listrik dari titik yang bermuatan positif menuju ke titik negatif. Karna yang bergerak adalah elektron sedangkan protonnya trtap. Ternyata dari setiap bahan masing-masing mempunyai kandungan elektron yan tidak sama, antara bahan satu dengan bahan lainnya. Olehkarena itu akan dapat diketahui sifat bahan itu sendiri yang berkaitan dengan jumlah elektron
Jika suatu bahan mempunyai jumlah elektron yang banyak dari setiap atomnya maka bahan tersebut bersifat sebagai penghantar. Tapi jika suatu bahan jumlah elektronnya sangat sedikit, bahan tersebut bersifat sebagai bahan penyekat.
Satuan dari arus listrik adalah Ampere (A), yang diambil dari nama Andre Marie Ampere (1775-1836) yang menyatakan besar satu ampere adalah jumlah muatan listrik sebesar 6,24 x 1018 elektron, mengalir pada suatu titik tertentu dalam waktu satu detik.
Jadi dapat disimpulkan :
6,24 x 1018 Elektron = 1 coulomb
1 ampere = 1coulomb/detik

Baca Juga Yang Ini Sob:

Artikel Terkait

Komentar Facebook
3 Komentar Blogger

3 comments:

Knightlord said...

pertamax joko ^^
wildan sholeh riyanto udah baca ..
lumayan kok keep posting yah semangat ^^

Jaka Bohemian said...

makasih kawan.. semoga info ini bermanfaat

Bram Zidane said...

wew, mantep lah joko.. Nambah ilmu di listrik. Hehe., - Salthot Haikal