Monday 23 July 2012

Angka 4 Di Jam Romawi IIII bukan IV

detail beritaMungkin kita bingung ketika melihat jam Romawi kuno yang pada angka 4 jam tersebut ditulis IIII bukan IV. Beragam pendapat muncul sebagai alsan dari penggunaan angka 4 ini. Berikut alasan penggunaan IIII pada jam Romawi sebagai symbol angka 4.

Sejarah
pada awalnya, dalam kebudayaan romawi angka 4 lazim ditulis dengan IIII dan bukan IV, karena IV merupakan simbol dari Dewa Jupiter, atau sering ditulis IVPPITER, IV adalah huruf awal dari nama dewa jupiter. penggunaan angka IV baru lazim dijumpai pada era modern.


sedangkan alasan lainnya adalah:
1. Raja prancis, Louis XIV, memerintahkan penggunaan IIII dan bukan IV pada jam, dan kebiasaan ini berlaku sampai sekarang.
2. Penggunaan numerasi romawi standard IV sebagai angka 4, berpotensi membingungkan bagi anak-anak dan orang yang tidak terbiasa melihat jam, apalagi dalam posisi terbalik angka IV nyaris serupa dengan VI. itulah mengapa digunakan IIII karena tidak mirip dengan VI.
3. angka IIII dirasa lebih simetris untuk mengimbangi angka VIII (angka disebrang angka IIII).
4. dengan menggunakan IIII pada jam, maka akan dijumpai duapuluh I, empat V, dan empat X, sehingga sang pembuat jam hanya cukup membuat 1 pola cetakan angka, yaitu VIIIIIX, yang kemudian dicetak 4 kali, untuk selanjutnya dipisah2 sesuai kebutuhan;
V IIII IX
VI II IIX (IIX nanti dibalik sehingga menjadi XII)
VII III X
VIII I IX (IX nanti dibalik sehingga menjadi XI)
sedangkan jika menggunakan IV akan membuat pembuat jam membutuhkan V ekstra.
5. Penggunaan IIII akan menciptakan simetris radial pada jam, sehingga simbol I hanya akan dijumpai pada pertiga awal (I, II, III, IIII), simbol V akan dijumpai pada pertiga tengah (V, VI, VII, VIII), dan simbol X akan dijumpai pada pertiga akhir (IX, X, XI, XII)


sumber

Baca Juga Yang Ini Sob:

Artikel Terkait

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments: